Kamis, 19 September 2013

Mencontek adalah Korupsi

           Mencontek sudah bukan hal yang asing lagi bagi kalangan pelajar. Sampai saat ini hampir semua siswa sudah pernah mencontek, bahkan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan para siswa di Indonesia. Berita siswa di Indonesia yang mencontek menyebarluas di media massa. Ada banyak motif untuk melakukan perbuatan mencontek, diantaranya dengan membawa buku pelajaran saat ulangan atau dengan kertas yang berisi jawaban.

           Pebuatan mencontek seharusnya bisa dikurangi dengan kejelian para pengawas ujian, karena kebanyakan para pengawas uijian cenderung cuek terhadap para siswa. Mereka malah asik sendiri mengobrol dengan pengawas lain. Selain itu juga dibutuhkan kesadaran dari para siswa untuk tidak mencontek. Perbuatan mencontek itu sama saja dengan korupsi, karena mencontek berarti mengambil hak orang lain.
           Pada saat ini Indonesia membutuhkan generasi baru yang jujur, cerdas, dan bertanggung jawab. Bangsa kita saat ini telah mengalami keadaan yang carut-marut seperti maraknya korupsi. Oleh karena itu mulailah hidup tanpa mencontek dan budayakanlah sikap jujur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar